Skip to content

Awal Januari 2010 Intel Meluncurkan Processor Pertama dengan Proses Manufaktur 32nm

January 7, 2010

Intel dalam beberapa bulan terakhir mulai membuat processor berbasis proses produksi 32mm dengan kode nama ‘Westmere’. Didalam cakupan Westmere akan ditemukan 2 buah processor yang tersedia untuk kelas Desktop dan Notebook. Untuk kelas Desktop akan dimasukkan Clarkdale, dan untuk kelas Notebook akan ada kode nama Arrandale.

Untuk kelas Desktop sendiri yg berbasis Clarkdale, akan memiliki dua prosesor fisik (pelaksana) dengan masing-masing memiliki dua (hyper)  thread (yang membentuk inti 4 logis  ) dan sudah terintegrasi dengan prosesor grafis dan memory controller. Sekarang kita sudah melihat sedikit bocoran mengenai CPU Clarkdale pertama – bagian dari keluarga Westmere. Dengan yang sudah dirilis di luar negeri sana adalah seri Core i5 600, yang terdiri dari total 4 model. Core i5 650, 660, 661 and 670, dengan kecepatan masing-masing 3.2, 3.33, 3.33 and 3.46GHz. Dengan perkiraan harga pasaran yaitu $176, $196, $196 and $284.

Semua Clarkdale CPU datang dengan prosesor grafis terintegrasi (IGP) di intinya. Walaupun dengan inti prosesornya sendiri telah diproses dengan teknologi 32nm, namun inti grafisnya masih diproduksi dengan teknologi 45nm. Dapat diartikan dengan satu hal, Clarkdale akan berfitur multi-chip package, yang dimana CPU dan GPU tidak akan di merge dalam satu inti, tapi akan ada 2 inti dalam satu paket. dapat dilihat jelas pada gambar ini.

32nm processor


From → IT NEWS

Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: